Artikel PAN, LAN, WAN, MAN

1. Jaringan PAN (Personal Area Network)
     
    Personal Area Network adalah jaringan komputer digunakan untuk komunikasi antara perangkat        komputer. Jangkauan dari jaringan PAN biasanya hanya beberapa meter. Jaringan PAN dapat              digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi sendiri (komunikasi intrapersonal).
    Kegunaan Jaringan PAN Personal Area Network :
    1. Menghubungkan perangkat-perangkat komputer    
    2. Sebagai media komunikasi antara perangkat sendiri (komunikasi personal)
  • Menghubungkan HP dengan Laptop menggunakan Bluetooth.
  • Menghubungkan mouse dengan Laptop menggunakan Bluetooth.
  • Menghubungkan Printer dengan Laptop menggunakan Bluetooth

C. Alat untuk membangun sebuah jaringan LAN:
Berbagi informasi/file melalui area yang lebih besar.
Semua orang yang ada di jaringan ini dapat menggunakan data yang sama.
Mempunyai sistem jaringan yang besar/luas sehingga mampu menjangkau Negara, benua, bahkan seluruh dunia.
Jika terkoneksi dengan jaringan internet transfer file pada tempat yang jaraknya jauh bisa di lakukan secara cepat.
Dapat berbagi resources dengan koneksi workstations.
Biaya operasional mahal.
Dalam hal settingan/pengaturan jaringan WAN lebih sulit dan rumit, selain itu alat-alat yang diperlukan juga sangat mahal.
Memerlukan Firewall yang baik untuk membatasi pengguna luar yang masuk dan dapat mengganggu jaringan ini.
Rentan terhadap hacker atau ancaman dari luar lainnya.



  • Untuk membangun & Implementasi sistem jaringan yang mengkolaborasikan antar server guna untuk memenuhi kebutuhan internal perusahaan dan pemerintah dalam mengkomunikasikan suatu jaringan yang dipergunakan yang sehingga bisa melakukan kegiatan seperti chat, messenger, video dan lain sebagainya dengan bandwidth lokal.
  • MAN mampu mencakupi kawasan yang lebih luas dibandingkan dengan LAN. Jaringan MAN ini biasanya dioperasikan di bandara-bandara, gabungan beberapa buah sekolah maupun di suatu daerah. Dengan menjalankan sebuah jaringan keterhubungan yang besar, informasi bisa disebarkan dengan lebih meluas, cepat dan bermakna. Perpustakaan-perpustakaan umum dan agen-agen pemerintahan biasanya menggunakan sebuah jaringan MAN.

  • MAN hanya akan berlaku jika komputer pribadi tersebut bisa bersaing atau sebagai terminal. Jika suatu komputer pribadi digunakan sebagai terminal, memindahkan file (file transfer software) untuk membolehkan pengguna untuk mengambil file (download) dari hos maupun menghantar data ke hos (upload). Download file berarti membuka dan mengambil data dari suatu komputer pribadi yang lain dan menghantar data ke komputer yang berkenaan yang diminta oleh pengguna.
  • Server kantor pusat bisa berfungsi sebagai pusat data dari kantor cabang.
  • Transaksi yang Real-Time (data di server pusat diupdate saat itu juga, contohnya pada ATM Bank untuk wilayah nasional)
  • Komunikasi antar kantor dapat memakai e-mail, chatting dan Video Conference (ViCon).
  • Biaya operasional mahal.
  • Instalasi dalam infrastrukturnya tidak mudah.
  • Sulit jika terjadi trouble jaringan (network trouble shoot)


  A.  Contoh Penggunaan Jaringan PAN
   Contoh gambar jaringan Personal Area Network

pengertian jaringan PAN
 Di samping itu Jaringan PAN merupakan jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi         antara komputer perangkat (termasuk telepon dan asisten pribadi digital) dekat dari satu orang.       Perangkat mungkin atau tidak milik orang tersebut. Jangkauan dari jaringan PAN biasanya beberapa   meter.
B. Teknologi Jaringan PAN
Bluetooth PAN juga disebut piconet, dan terdiri dari 8 sampai perangkat aktif dalam hubungan tuan-budak (yang sangat besar jumlah perangkat yang dapat dihubungkan pada “parkir” mode). Perangkat Bluetooth pertama di piconet adalah master, dan semua perangkat yang berkomunikasi dengan slave master. Piconet biasanya memiliki jarak 10 meter, walaupun berkisar hingga 100 meter dapat dijangkau di bawah keadaan ideal.
Inovasi baru dalam Bluetooth antena ada diizinkan untuk perangkat ini sangat melebihi jangkauan untuk mereka yang pada awalnya dirancang. Pada DEF CON 12, sekelompok hacker yang dikenal sebagai “Flexilis” berhasil tersambung dua perangkat Bluetooth lebih dari setengah mil (800 m) itu. Mereka menggunakan antena dengan lingkup dan antena Yagi, semua terpasang ke senapan saham.
Skinplex, PAN teknologi lain, transmit melalui capacitive dekat bidang kulit manusia. Skinplex dapat mendeteksi dan berkomunikasi hingga satu meter dari tubuh manusia. Sudah digunakan untuk kontrol akses untuk mengunci pintu dan kemacetan perlindungan mobil di atap mobil.
C. Pengertian Jaringan Wireless PAN atau WPAN
WPAN (Wireless Personal Area Network) adalah jaringan area pribadi untuk jaringan yang terpusat di sekitar perangkat interconnecting perorangan dari kerja – di mana sambungan nirkabel. Umumnya, personal area jaringan nirkabel menggunakan beberapa teknologi yang  memungkinkan  komunikasi  dalam  waktu  sekitar 10 meter.
Dengan kata lain, yang sangat jarak dekat. Salah satu teknologi Bluetooth, yang digunakan sebagai dasar untuk sebuah standar baru, IEEE 802,15. baca juga cara daftar wifi id telkomsel
WPAN dapat melayani semua interkoneksi ke komputer dan berkomunikasi biasa pada perangkat yang memiliki banyak orang di meja mereka atau membawa mereka dengan hari ini – atau bisa melayani tujuan yang lebih khusus seperti mengizinkan ahli bedah  dan anggota tim lainnya untuk berkomunikasi selama suatu operasi.
Kunci konsep dalam teknologi WPAN dikenal sebagai “plugging dalam”. Dalam skenario yang ideal, jika dua-WPAN dilengkapi perangkat menjadi dekat (dalam beberapa meter dari satu sama lain) atau dalam waktu beberapa kilometer dari server pusat, mereka dapat berkomunikasi seakan-akan terhubung dengan kabel.
Fitur penting lain adalah kemampuan masing-masing untuk mengunci perangkat dari perangkat lain yang selektif, perlu mencegah gangguan  yang tidak sah atau akses informasi.
Teknologi untuk WPAN adalah dalam masa pertumbuhan yang cepat dan proses pembangunan. Tujuannya adalah untuk memfasilitasi operasi halus di antara rumah atau bisnis perangkat dan sistem. Setiap perangkat di dalam WPAN akan dapat menyambungkan ke perangkat lain yang sama dalam WPAN, asalkan mereka dalam berbagai fisik satu sama lain.
Selain itu, seluruh dunia akan WPANs interkoneksi. Jadi, misalnya, sebuah situs dalam archeologist di Yunani mungkin menggunakan PDA akses langsung ke database di University of Minnesota di Minneapolis, dan untuk mengirimkan temuan itu ke database.
Jadi dapat disimpulkan bahwa Personal Area Network (PAN) merupakan jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara komputer perangkat (termasuk telepon dan asisten pribadi digital) dekat dari satu orang. Perangkat mungkin atau tidak milik orang tersebut. Jangkauan dari PAN biasanya beberapa meter. PAN dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi (intrapersonal komunikasi), atau untuk menghubungkan ke tingkat yang lebih tinggi dan jaringan Internet (an uplink).
2. LAN (Local Area Network)
Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur.Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai. Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN).

A. LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :
1.      Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
2.      Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3.      Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.
B. Prinsip kerja Local Area Network
Prinsip Kerja LAN , LAN dapat definisikan sebagai network atau jaringan sejumlah system komputer yang lokasinya terbatas didalam satu gedung, satu kompleks gedung atau suatu kampus dan tidak menggunakan media fasilitas komunikasi umum seperti telepon, melainkan pemilik dan pengelola media komunikasinya adalah pemilik LAN itu sendiri dari definisi diatas dapat kita ketahui bahwa sebuah LAN dibatasi oleh lokasi secara fisik. Adapun penggunaan LAN itu sendiri mengakibatkan semua komputer yang terhubung dalam jaringan dapat bertukar data atau dengan kata lain berhubungan. Kerjasama ini semakin berkembang dari hanya pertukaran data hingga penggunaan peralatan secara bersama. LAN yang umumnya menggunakan hub/switch, akan mengikuti prinsip kerja hub itu sendiri. Dalam hal ini adalah bahwa hub tidak memiliki pengetahuan tentang alamat tujuan sehingga penyampaian data secara broadcast, dan juga karena hub hanya memiliki satu domain collision sehingga bila salah satu port sibuk maka port-port yang lain harus menunggu. Itulah diantara kelebihan dan kekurangan jaringan LAN.
1.      Router, adalah jantung pada sebuah jaringan. Router berfungsi untuk menghubungkan jaringan satu dengan jaringan lain. Dalam kasus ini, router menghubungkan jaringan internet dengan jaringan LAN .
2.      Switch, Berbeda dengan router, switch berfungsi untuk menghubungkan masing-masing komputer pada sebuah jaringan LAN .
3.      Ethernet Card, adalah sebuah adapter untuk mencolokkan kabel ethernet sehingga komputer bisa tersambung menuju jaringan. Biasanya, pada komputer-komputer terbaru, kartu ini telah disematkan secara onboard sehingga anda tidak perlu untuk membeli lagi.
4.      Ethernet Cable, yaitu kabel yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke router atau bisa juga komputer satu dengan komputer lain. Ujung pada kabel ini diberi sebuah konektor yang disebut RJ-45. RJ-45 memiliki 2 settingan, yaitu straight dan cross. Straight digunakan untuk menghubungkan komputer ke router sedangkan cross digunakan untuk menyambungkan komputer langsung dengan komputer.
5.      Modem, Jika anda ingin menghubungkan jaringan anda ke internet, maka anda juga harus membeli sebuah modem. Jika anda tidak membeli sebuah modem, maka komputer anda hanya bisa berkomunikasi dengan komputer lain yang terdapat pada jaringan LAN tersebut.
6.      Peralatan lain, Crimping tool, LAN tester, gunting, multimeter. Crimping tool digunakan untuk menyambungkan RJ-45 dengan kabel ethernet. LAN tester digunakan untuk testing kabel LAN telah berfungsi atau tidak.

3. WAN (Wide Area Network)
          Wide Area Network (WAN) adalah sebuah jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas,                  karena radiusnya mencakup sebuah negara dan benua. WAN menggunakan sarana fasilitas                  transmisi seperti telepon, kabel bawah laut ataupun satelit. Kecepatan transmisinya beragam                dari 2Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, sampai 625 Mbps (atau kadang-kadang lebih).                  Faktor khusus yang mempengaruhi desain dan performance-nya terletak pada siklus                            komunikasi, seperti jaringan telepon, satelit atau komunikasi pembawa lainnya
          Pada sebagian besar WAN, komponen yang dipakai dalam berkomunikasi biasanya terdiri dari           dua komponen, yaitu kabel transmisi dan elemen switching. Kabel transmisi berfungsi untuk               memindahkan bit-bit dari suau komputer ke komputer lainnya, sedangkan elemen switching                 disini adalah sebuah komputer khusus yang digunakan untuk menghubungkan dua buah kabel             transmisi atau lebih. Saat data yang dikirimkan sampai ke kabel penerima, elemen switching               harus memilih kabel pengirim untuk meneruskan paket-paket data tersebut.
         Jika dilihat dari fungsinya, sebenarnya WAN tidak jauh berbeda dengan LAN. WAN juga                     berfungsi sama seperti LAN mengkoneksikan antar komputer, printer dan juga device lainnya             dalam satu jaringan. WAN pada dasarnya adalah kumpulan LAN yang ada diberbagai lokasi.               Dibutuhkan sebuah device untuk menghubungkan antara LAN dengan WAN dan device                       tersebut adalah router.
         A. Kelebihan WAN
              1. Berbagi informasi/file melalui area yang lebih besar.
                  Semua orang yang ada di jaringan ini dapat menggunakan data yang sama.
              2. Mempunyai sistem jaringan yang besar/luas sehingga mampu menjangkau Negara,                              benua, bahkan seluruh dunia.
              3. Jika terkoneksi dengan jaringan internet transfer file pada tempat yang jaraknya jauh bisa                    di lakukan secara cepat.

         B. Kekurangan WAN
              1. Biaya operasional mahal.
              2. Dalam hal settingan/pengaturan jaringan WAN lebih sulit dan rumit, selain itu alat-alat                        yang diperlukan juga sangat mahal.
              3. Memerlukan Firewall yang baik untuk membatasi pengguna luar yang masuk dan dapat                      mengganggu jaringan ini.
              4. Rentan terhadap hacker atau ancaman dari luar lainnya.
4. MAN (Metropolitan Area Network)
   Metropolitan Area Network (MAN) ialah sebuah jaringan komputer dalam suatu kota dengan transfer data yang berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai suatu lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan lain sebagainya. Jaringan MAN yaitu gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 sampai dengan 50 km, MAN ini adalah suatu jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota atau antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.
   Didalam jaringan MAN hanya mempunyai satu atau dua buah kabel yang berfungsi sebagai untuk mengatur paket data melalui kabel output. Tapi ada alasan utama untuk memisahkan MAN sebagai kategori khusus yaitu telah ditentukannya standart untuk MAN, dan standart ini sekarang sedang diimplementasikan. Standart tersebut disebut dengan DQDB (Distributed Queue Dual Bus) atau 802.6 menurut standart IEEE. DQDB terdiri dari dua buah kabel yaitu unidirectional dimana semua komputer dihubungkan.
    Sebetulnya ada dua jenis koneksi yang biasanya dipakai yakni yang pertama yaitu koneksi dengan cara memakai wireless dan yang kedua memakai kabel fiber optik. Sebagai contohnya yiatu pada jaringan pada Bank (sistem Online Perbankan). Setiap bank tentunya mempunyai kantor pusat dan kantor cabang. Di setiap kantor baik kantor cabang ataupun kantor pusat tentunya mempunyai LAN, penggabungan LAN – LAN di setiap kantor ini akan membentuk sebuah MAN. MAN biasanya dapat menunjang data teks dan suara, bahkan bisa berhubungan dengan jaringan televisi kabel atau gelombang radio.

Berikut adalah karakteristik MAN yaitu:
1.     Meliputi area seluas antara 5 dan 50 kisaran km. Banyak MAN mencakup area perkotaan.
2.     Sebuah MAN (seperti WAN) umumnya tidak dimiliki oleh satu organisasi. MAN, komunikasi linknya dan peralatan, umumnya dimiliki oleh salah satu konsorsium pengguna atau oleh penyedia layanan jaringan yang menjual pelayanan kepada pengguna.
3.     MAN sering bertindak sebagai jaringan kecepatan tinggi untuk memungkinkan berbagi sumber daya daerah. Hal ini juga sering digunakan untuk menyediakan koneksi bersama untuk jaringan lain dengan menggunakan link ke WAN.
4.     MAN berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN.
5.     Hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel dan tidak memiliki elemen switching, yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel . Adanya elemen switching membuat rancangan menjadi lebih sederhana.

MAN sendiri diartikan Sebagai Suatu jaringan yang meng-cover sebuah kota (Computer networks, ANDREW S.T, halaman 117). Pada awalnya rangkaian MAN dihubungkan dengan menggunkan Kabel LAN untuk menghubungkan kantor yang satu ke kantor cabang yang lainnya yang jaraknya beberapa KM, dengan hadirnya WIMAX maka pengguna layanan internet semakin tertarik pada Wireless yang berskala MAN.  Peralatan pre-Wimax(IEEE 802.16) merupakan suatu perangkat yang didesain khusus untuk wireless bersekala MAN, contoh peralatan ini adalah Redline AN-50 AN-30,Alvarion Link Blaster.

   a. Fungsi MAN (Metropolitan Area Network)
          Untuk membangun & Implementasi sistem jaringan yang mengkolaborasikan antar       server guna untuk memenuhi kebutuhan internal perusahaan dan pemerintah dalam             mengkomunikasikan suatu jaringan yang dipergunakan yang sehingga bisa melakukan       kegiatan seperti chat, messenger, video dan lain sebagainya dengan bandwidth lokal.
   b. Kelebihan MAN (Metropolitan Area Network)

      MAN mampu mencakupi kawasan yang lebih luas dibandingkan dengan LAN.                 Jaringan MAN ini biasanya dioperasikan di bandara-bandara, gabungan beberapa buah       sekolah maupun di suatu daerah. Dengan menjalankan sebuah jaringan keterhubungan       yang besar, informasi bisa disebarkan dengan lebih meluas, cepat dan bermakna.                 Perpustakaan-perpustakaan umum dan agen-agen pemerintahan biasanya                             menggunakan sebuah jaringan MAN.
   c. Kekurangan MAN (Metropolitan Area Network)
      MAN hanya akan berlaku jika komputer pribadi tersebut bisa bersaing atau sebagai            terminal. Jika suatu komputer pribadi digunakan sebagai terminal, memindahkan file          (file transfer software) untuk membolehkan pengguna untuk mengambil file                        (download) dari hos maupun menghantar data ke hos (upload). Download file berarti          membuka dan mengambil data dari suatu komputer pribadi yang lain dan menghantar        data ke komputer yang berkenaan yang diminta oleh pengguna.
      d. Keuntungan MAN (Metropolitan Area Network)
          1. Server kantor pusat bisa berfungsi sebagai pusat data dari kantor cabang.
          2. Transaksi yang Real-Time
          3. Komunikasi antar kantor bsa menggunkan E-mail, Chatting, dan Vidio Conference (ViCon)
      e. Kerugian MAN (Metropolitan Area Network)
          1. Biaya oprasional mahal
          2. Instalasi dalam Insfratuktur nya tidak mudah
          3. Sulit jika terjadi trouble jaringan

                                             
        
                                                        Contoh Gambar Jaringan MAN
      Jadi dapat disimpulkan Wireless pada Metropolitan Area Network merupakan solusi               yang tepat untuk mengatasi sulitnya pengembang untuk meng-cover suatu wilayah /           kota, dengan adanya wireless maka biaya yang dahulu digunakan untuk biaya                     pengkabelan, maka dapat dialihkan untuk biaya pembuatan tower dan antena.
     Jika dilihat dari teknik konfigurasi sell, maka penulis menyimpulkan bahwa teknik             peng-coveran dengan menggunakan teknik 4 non-overlapping adalah cara yang tepat,         cara yang murah jika dibandingkan dengan banyaknya wilayah dapat dijangkau.                 Wireless MAN juga merupakan solusi yang tepat untuk menangani permintaan akan           internet untuk daerah bencana alama, hutan dan sebagainya yang sulit untuk dijangkau       dengan menggunakan kabel.

sumber :



Komentar

Postingan Populer